baju dari kain tenun motif khas wakatobi sulawesi tenggara

Tenun Wakatobi Sarung Indah Khas Buton

Diposting pada

Tenun Wakatobi pengertian dan cara membuat sarung suku Buton Sulawesi Tenggara. Selain wisata bawah laut, Wakatobi juga memiliki kerajinan tenun yang menarik minat wisatawan.

Tenun khas suku Buton ini berasal dari pulau Wangi Wangi Kaledupa Tomia dan Binongko yang disingkat dengan Wakatobi. Kain tenun yang dihasilkan berupa sarung dengan motif khas suku Buton.

Seperti halnya Pulau Nusa Penida Bali yang menghasilkan kain unik, gugusan pulau di Sulawesi Tenggara ini juga mempunyai kain tenun dengan keunikan tersendiri.

Baca : Tenun Rangrang Khas Nusa Penida Bali

tenun wakatobi
Pengrajin tenun Wakatobi

Keunikan tenun kepulauan indah ini ada pada teknik menenun yang menggunakan teknik ikat ganda. Teknik ini memerlukan ikatan benang pada benang pakan dan pada benang lungsi sekaligus. Pada saat menenun, pengrajin mesti mampu menempatkan motif pada benang pakan pada tempat yang pas dengan motif benang lungsi. Itulah tantangan yang membuat unik teknik ikat ganda atau double ikat yang membuat hasil kain menjadi istimewa.

Salahsatu desa yang terkenal sebagai penghasil kain tenun ikat adalah desa Pajam. Desa Pajam menjadi pusat pembuatan tenunan khas Buton yang masih dibuat dengan cara tradisional dan daerah tersebut menjadi salah tujuan wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Wakatobi. Keberadaannya pun di unggulkan sebagai salah satu oleh oleh khas daerah wisata Wakatobi.

kain tenun wakatobi oleh oleh sulawesi tenggara
Baju rancangan desainer Tia Hidayat dari kain khas wakatobi

Baju Tenun Wakatobi

Salah satu desainer yang menggunakan kain tenun Wakatobi dalam rancangan busana adalah Tia Hidayat. Perancang asal Bandung tersebut sempat menampilkan koleksi maxi dress dan outer bertajuk “Armonia”.

Motif khas kain tenun ikat asli Sulawesi Tenggara membuat tampilan etnik terasa kental meski dalam nuansa warna monokrom yang menjadi tren fashion modern. Model layering bersiluet asimetris juga turut mempermanis koleksi busana muslim ini.

Baca : Koleksi “Armonia” dari Desainer Tia Hidayat

Dalam koleksi yang ditampilkan, Armonia dilengkapi dengan hijab simple warna hitam dan headpiece unik yang dipakai di wajah model. Bagaimana menurutmu?