Tapis Lampung Gambar Motif Harga

Kain Tapis, Mengenal Songket dari Lampung

Diposting pada

TENUN.id – Kain tapis merupakan kain tenun yang berasal dari Lampung, pulau Sumatera. Karenanya, dikenal juga dengan sebutan Tapis Lampung. Jenis tapis, motif dan maknanya.

Ada banyak jenis kain tenun nusantara yang bisa ditemukan di Indonesia, salah satunya berasal dari Lampung. Kain songket dan tenun sendiri merupakan jenis kain tradisional yang sudah digunakan oleh masyarakat Indonesia sejak dulu seperti halnya tenun rangrang dan tenun wakatobi. Penggunaan dan pembuatan kain tenun tetap dipertahankan karena tenun tapis merupakan salah satu kekayaan budaya Indonesia yang unik.

Jenis Tapis Lampung

Jenis tapis sendiri sangat beragam berdasarkan daerah asal tenun tersebut misalnya dari Pabian Telu Suku ada Tapis Balak dan Tapis Jung Sarat sedangkan dari Lampung Pesisir ada Tapis Inuh dan Tapis Semaka.

Lebih lengkap tentang jenis berdasarkan asal daerah dan pemakainya, bisa dibaca di Wikipedia.

Asal Usul

Tapis khas Lampung disebut-sebut sudah mulai digunakan sejak abad kedua masehi, meskipun pada saat itu belum dinamakan kain Tapis dan belum terbuat dari bahan-bahan yang digunakan pada tapis khas Lampung zaman sekarang. Bisa dibilang, kebiasaan wanita di Lampung mengenakan tenun sudah ada sejak abad kedua masehi. Sejak itulah eksistensi kain cantik ini dimulai dengan diikuti beberapa perubahan pada setiap generasi. Hingga akhirnya sekarang ini banyak pengrajin yang jual tapis dan menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia.

Mulanya, kain songket tapis hanya dibuat dalam bentuk kain brokat. Kemudian, dikembangkan menjadi kain tradisional dengan motif yang lebih beragam. Seiring berjalannya waktu, kain songket tapis pun mulai berubah sedikit demi sedikit karena adanya perkembangan dalam cara pembuatan, pengaplikasian motif dan teknik menenun.

Selain perubahan pada fisik dan motif kain, pandangan masyarakat Lampung mengenai kain songket tapis pun juga mulai berubah. Bila dahulu beberapa jenis tapis hanya digunakan untuk keperluan upacara adat masyarakat setempat, maka sekarang kain tradisional ini biasa digunakan sebagai kain yang bisa dipakai untuk acara sehari-hari. Kondisi ini ditunjang dengan adanya toko yang jual tapis Lampung baik toko souvenir di pusat wisata maupun toko online yang jual kain tenun.

Pembuatan Kain Tapis

Sebagai salah satu jenis kain tradisional, cara pembuatan kain songket tapis juga masih sangat sederhana tanpa mesin-mesin baja yang besar. Pembuat kain tradisional tersebut adalah para wanita diantaranya remaja dan ibu-ibu. Karena keindahan seni serta motifnya, kain tenun tapis sekarang ini tidak hanya dipakai oleh penduduk setempat saja. Masyarakat di berbagai daerah di Indonesia juga meminatinya dan toko cinderamata mulai banyak yang jual tapis Lampung. Tidak hanya bentuk kain, namun juga model baju modern seperti gaun gamis, jilbab, rok wanita, serta aksesoris seperti selendang, tas clutch, topi, dompet dengan harga terjangkau.

Itulah kenapa banyak usaha rumahan di daerah ujung pulau Sumatra ini yang menggalakkan produksi kain songket tapis. Tidak lain adalah untuk memenuhi permintaan pasar seperti toko cinderamata yang jual tapis Lampung tersebut baik dalam bentuk kain, selendang, baju, tas wanita, gaun, gamis, jilbab, rok, topi, atau dompet.

Motif Tapis Lampung dan Maknanya

Banyak nilai-nilai yang terkandung di dalam motif tapis khas lampung dan maknanya sebagai warisan budaya Indonesia. Banyaknya jenis kain Tapis yang ada pun biasanya disesuaikan dengan pemakainya.

Ada beberapa aturan dalam pemakaian kain tradisional ini di masyarakat Lampung. Misalnya motif tapis Cucu Rebung yang biasanya dipakai oleh para istri tokoh besar saat menghadiri upacara adat. Waktu itu tidak ada yang jual tapis khas ini secara bebas.

Akan tetapi, dewasa ini semua wanita bisa memakai motif tapis beserta maknanya karena perkembangan fungsi kain tapis di zaman modern adalah untuk melestarikan budaya daerah.

Jadi, aturan-aturan tersebut saat ini tidak lagi membatasi para wanita di seluruh Indonesia untuk ikut menggunakan jenis kain tenun nusantara ini.